GSP Akui Salah Satu Alasan Lengser Karena Masalah Doping Di UFC

Image

(Foto: Esther Lin, MMAFighting.com)

Georges Saint-Pierre (W25-L2), mantan juara divisi welterweight UFC yang meninggalkan sabuknya tanpa alasan jelas, akhirnya mengakui salah satu alasannya mengapa ia tiba-tiba berhenti adalah kurangnya dukungan pihak UFC untuk melakukan tes doping atau penggunaan obat-obatan peningkat performa di UFC Selasa lalu di Montreal, Kanada di hadapan berbagai media mixed martial arts.

GSP mengaku sangat kecewa akan hal ini. “Saya merasa sangat terganggu akan hal ini. Ini salah satu alasan mengapa saya berhenti bertarung. Bukan untuk memberi mereka (pihak UFC) pelajaran, karena mereka akan membalas menghukum saya. Saya ingin melakukan sesuatu untuk olahraga ini, saya mencintai olahraga ini. Saya melihat ke mana arah olahraga ini, dan menurut saya tidak masuk akal. Ini bodoh.” sang mantan juara berumur 32 tahun ini menjelaskan.

“Saya mencoba mengubah olahraga ini. Sayangnya banyak pihak memiliki alasan berbeda, entah uang atau takut kehilangan uang, karena bila anda membatalkan sebuah pertarungan karena seorang petarung terbukti positif maka akan mengalami kerugian jutaan Dolar. Dan juga citra olahraga ini… Bila anda mulai menguji semua petarung, berapa banyak yang akan ketahuan? Saya tidak ingin mengatakan hal ini di depan umum karena tidak ingin menuduh siapa-siapa, namun citra olahraga ini akan tercemar.” ujarnya panjang lebar kepada media berbahasa Perancis.

“Jangan lupa, saya juga memiliki informasi orang dalam. Saya seorang atlit dan mengetahui apa yang terjadi, dan hal ini sangat mengecewakan saya.”

Bagi yang ingat terjadi sedikit kontroversi menjelang pertarungan terakhir GSP melawan Johny Hendricks UFC 167 bulan November lalu, GSP menantang Hendricks untuk melakukan tes anti doping oleh VADA atau Voluntary Anti Doping Association. Awalnya Hendricks setuju namun mengurungkan niatnya serta mempertanyakan netralitas VADA.

Presiden UFC Dana White menganggap kedua pihak tampak bodoh karena akhirnya mereka akan mengalami tes oleh komisi atletik.

Sudah 2 bulan berlalu setelah GSP bertarung terakhir kalinya, tetapi ia terus giat berlatih dan mengaku kondisinya sangat baik. Saat ini, ia sedang aktif menjalankan yayasannya bernama GSP Foundation untuk mendukung atlit-atlit muda.

MMAddict Indonesia

Sumber: MMAFighting.com, wikipedia.org

 

 

 

Leave a Reply

