Herb Dean Sebagai Wasit Rematch Anderson Silva-Chris Weidman, 28 Desember Mendatang

Image

(Foto: MMAJunkie.com)

Wasit ternama Herb Dean akan sekali lagi menjadi wasit pertemuan kedua Anderson Silva dan Chris Weidman untuk ajang penutup tahun 2013 UFC 168: Weidman VS Silva II. Sebelumnya, Dean juga menjadi wasit pertemuan Silva dan Weidman yang pertama di ajang UFC 162 tanggal 6 Juli lalu.

Komisi Atletik Nevada telah mengumumkan hal ini Senin lalu bahwa sekali lagi Herb Dean menjadi wasit untuk pertarungan akbar divisi middleweight UFC. UFC 168 akan diselenggarakan di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas. Selain pertikaian antara dua jawara divisi middleweight UFC, pertemuan kedua antara Ronda Rousey dan Miesha Tate juga akan meramaikan ajang tersebut.

Dean, yang juga pernah mencoba menjadi petarung MMA profesional dengan rekor dua kemenangan dan tiga kekalahan ini, adalah salah satu wasit mixed martial arts terbaik yang sangat berpengalaman menjadi orang ketiga di dalam kerangkeng. Tercatat sebanyak 510 pertandingan MMA yang sudah diawasi olehnya di organisasi-organisasi MMA selain UFC seperti M-1, WEC, Strikeforce, Affliction, dan Elite XC. Ia sudah melanglangbuana sebagai wasit MMA di berbagai negara selain AS seperti Jepang hingga India. Tercatat Dean sudah menjadi wasit untuk organisasi UFC sebanyak 64 pertandingan.

Bagi yang ingat pertarungan untuk perebutan sabuk divisi heavyweight UFC tahun 2004 antara Frank Mir melawan Tim Sylvia di ajang UFC 48, pasti ingat kejadian dimana Herb Dean tampak kalang kabut (hingga berteriak “oh shit!”) melerai pertarungan antara kedua atlit saat melihat tangan kanan Sylvia, yang terperangkap armbar maut Mir, terlihat patah. Dengan bergegas Dean menghentikan pertarungan walaupun Sylvia ngotot dan memaksa untuk terus bertarung, Sylvia namun akhirnya mengakui bahwa ia sangat berterimakasih terhadap Dean yang berusaha menyelamatkan Sylvia dari cedera lebih lanjut. Pertarungan tersebut merupakan pertarungan ketiga di organisasi UFC yang diawasi oleh Dean.

Presiden UFC Dana White memuji Herb Dean sebagai salah satu wasit terbaik MMA sejak UFC 109 hingga UFC 160. “Actually, I think he’s the best”, tambah White tentang Dean.

Herb Dean juga menang penghargaan dari majalah Fighters Only Magazine untuk kategori “Referee of The Year” tahun 2010, 2011, dan 2012.

MMAddict Indonesia

Sumber: Sherdog.com, tapology.com, wikipedia.org, youtube.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s