Cain Velasquez Tutup Trilogi Dengan Kemenangan Atas Junior Dos Santos Di UFC 166.

Image

(Foto: Esther Lim, MMAFighting.com)

Akhirnya babak terakhir trilogi Cain Velasquez (W13-L1) melawan Junior Dos Santos (W16-L3) menetapkan Velasquez sebagai juara bertahan divisi heavyweight UFC dengan kemenangan TKO di tengah ronde lima.

Pertarungan ke-tiga mereka sekilas mirip dengan pertemuan mereka sebelumnya, dimana “Cardio” Cain terus memberi tekanan terhadap Dos Santos dengan mencampurkan striking dan takedown.  Selama tiga ronde, resep Velasquez terus mencoba melumatkan Dos Santos namun setidaknya kali ini Dos Santos tampak lebih baik staminanya. Di ronde tiga, Velasquez menghajar Dos Santos dengan serangan tangan kanan hingga petarung asal Brazil ini terjatuh dan Velasquez melanjutkan serangan dengan ground n pound. Dos Santos mampu melewati serangan lawannya tetapi setelah itu Dos Santos kehilangan banyak tenaga. Di ronde empat, dokter sempat memeriksa keadaan Dos Santos dan membiarkan pertarungan berlanjut. Dan akhirnya di ronde lima, Dos Santos setelah gagal mencoba serangan guillotine choke terlihat kepalanya mengenai lantai dan dengan cepat Velasquez bangun dan menyerang wajah Dos Santos yang ditutupi tangan Dos Santos. Dengan cepat wasit Herb Dean melerai pertarungan dan memberikan kemenangan kepada Cain Velasquez, sang juara bertahan divisi heavyweight UFC.

Pasca-tarung, Velasquez memuji kemampuan striking Dos Santos “Ia datang lebih kuat kali ini, saya mencoba mengunggulinya dalam striking namun Dos Santos tampak lebih unggul di bagian itu.” Begitu pula dengan kemampuan menggagalkan takedownnya “Saya mencoba menjatuhkannya, tapi sulit sekali.”

Setelah pertarungan usai, Dos Santos mengangkat tinggi tangan lawannya menandakan respectnya terhadap sang juara bertahan. Ia juga tak kalah memuji lawannya:

“What can I say, he kicked my ass!” sambil tersenyum. Ia berjanji akan kembali lagi mencoba merebut sabuk kejuaraan divisi heavyweight UFC.

Dengan kemenangan Velasquez atas Dos Santos, petarung asal Meksiko ini berhasil dua kali mempertahankan sabuknya. Dana White lalu menyatakan bahwa kemungkinan besar lawan berikut Velasquez adalah ahli Brazilian Jiujitsu Fabricio Werdum.

MMAddict Indonesia

Sumber: MMAFighting.com, sherdog.com, wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s