Fightland Worldwide – Afghanistan, Menilik Mixed Martial Arts Di Negeri Perang.

Image

Fightland.com kali ini berkunjung ke Kabul, ibukota Afghanistan untuk bertemu perintis mixed martial arts negeri yang senantiasa perang bernama Rohullah Mohammadi.

Rohullah Mohammadi adalah seorang juara lima kali kickboxing asal Afghanistan. Ia memiliki sebuah sasana kecil berjumlah 10 hingga 20 murid dan melatih mereka mixed martial arts. Rohullah menceritakan awal klub MMA ini dimulai 3 tahun lalu karena keinginan para pemuda di Kabul untuk berlatih dengan Rohullah dan ingin meraih medali emas seperti dirinya. Dengan hasil latihan dan dukungan Rohullah, tahun lalu empat muridnya lolos ikut bertarung untuk timnas dan tim junior Afghanistan.

Rohullah mengaku menyukai olahraga tarung sejak ia berumur 10 tahun. Seiringnya waktu, ketertarikannya yang berawal dari kickboxing pelan-pelan merembet ke mixed martial arts.

Rohullah juga bercerita bahwa kickboxing dan MMA sangat digemari para generasi muda Afghanistan. Dan walau banyak sekali rintangan yang dihadapinya, seperti kondisi sosial dan ekonomi Afghanistan yang jauh dari baik, Rohullah tetap bersemangat untuk melatih murid-muridnya yang kebanyakan berumur 15 tahun ke bawah. Ia juga mengaku pernah ditegur oleh gerombolan Taliban (kelompok ekstrim Muslim di Afghanistan) yang menganggap pakaian untuk kickboxing dan MMA tidak layak karena memperlihatkan aurat. Karena teguran itu, Rohullah dan murid-muridnya berlatih dengan pakaian lengkap (kaos dan celana pendek).

Rohullah juga menyayangkan sikap pemerintah Afghanistan yang tidak memberi dukungan atas usahanya membuat sasana kickboxing dan MMA untuk para remaja. Rohullah berkata bahwa agar ingin mendapat dukungan pemerintah, seseorang harus memiliki koneksi di dalam pemerintahan. Prestasinya meraih 5 medali emas untuk negaranya seperti tidak dianggap oleh pemerintah. Ia juga menyadari pentingnya dukungan materi agar ia mampu melatih dan mempersiapkan murid-muridnya dengan baik dan benar.

Walau dengan berbagai kendala dan halangan, Rohullah tetap optimis usahanya tidak sia-sia dan ia berharap dalam waktu dekat akan ada kompetisi MMA di Afghanistan.

MMAddict Indonesia

Sumber: Fightland.com, VICE, youtube.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s