Jake Shields Menang Split Decision Atas Demian Maia, Dong Hyun Kim KO Erick Silva, Thiago Silva Dominan Atas Matt Hamill, Rousimar Palhares Kena Hukuman di UFC Fight Night 29.

Image

(Foto: UFC.com)

Impian Demian Maia (W18-L5) untuk menjadi penantang berikut sabuk welterweight pupus setelah kalah split decision melawan Jake Shields (W29-L6-D1-NC1) di UFC Fight Night 29, Brazil. Pertarungan antara dua ahli jiujitsu ini berlangsung selama lima ronde dengan kedua petarung saling melancarkan takedown dan mengincar posisi dominan. Di ronde terakhir tampak kedua petarung kehabisan stamina. Serangan strikes oleh Shields dan dominasi posisi pada saat groundfighting akhirnya memberikan hasil split decision untuk mantan juara Strikeforce ini.

Dengan kemenangannya atas Demian Maia, Jake Shields memperbaiki rekornya di UFC dengan 4 kemenangan (1 kemenangan menjadi no contest karena Shields gagal tes medis pasca tarung setelah menang melawan Ed Herman di UFC 150) dan dua kekalahan di tangan juara welterweight UFC Georges Saint-Pierre dan Jake Ellenberger.

Prospek muda asal Brazil Erick Silva gagal memberikan performa terbaiknya melawan petarung asal Korea Selatan Dong Hyun Kim, dan harus merasakan kanvas octagon setelah saling bertukar pukulan dan menerima telak hook kiri oleh Kim di menit tiga ronde dua. Pertarungan dimulai dengan Kim mencoba takedown namun gagal tetapi sempat mencoba  kimura di saat-saat akhir ronde pertama.

Kemenangan Dong Hyun Kim memperbaiki rekornya menjadi W18-L2-D1-NC1, sedangkan Erick Silva mengubah rekornya menjadi W15-L4-DQ1. Tiga dari empat kekalahannya telah terjadi di UFC, melawan Carlo Prater (diskualifikasi karena menghabisi lawan dengan memukul bagian belakang kepala), John Fitch, dan Dong Hyun Kim.

Petarung beraliran Muay Thai asal Brazil Thiago Silva harus puas dengan hasil skor mutlak atas Matt Hamill selama tiga ronde pertarungan yang kurang seru. Pasca tarung, Thiago Silva menyatakan ketidakpuasannya dan meminta maaf kepada para penonton UFC. Ia menyalahkan faktor harus turun berat badan yang membuatnya kehabisan stamina. Thiago Silva sekarang memiliki rekor W16-L3, sedangkan petarung tuna rungu Matt Hamill memiliki rekor W11-L5.

Ahli tinju Fabio Maldonado juga harus puas dengan hasil kemenangan split decision atas lawannya, Joey Beltran setelah bertarung selama tiga ronde. Banyak menganggap Beltran mendominasi Maldonado dan harusnya menang. Pertukaran pukulan antara kedua petarung terjadi mulai awal hingga akhir ketiga ronde, Beltran bahkan berhasil melancarkan beberapa takedown.

Namun akhirnya kemenangan diraih tipis oleh Maldonado, dan Beltran dengan bijak tidak menyalahkan para juri saat diwawancara pasca tarung.

Rousimar Palhares harus menerima konsekuensi gagal mendapat bonus “submission of the night” karena tidak menuruti perintah wasit untuk melepas heel hook atas lawannya yaitu Mike Pierce. Dana White bahkan menyatakan akan menambahkan sanksi untuk petarung buas asal Brazil ini. Pertarungan ini merupakan debut Palhares di divisi welterweight.

Insiden ini sebelumnya pernah terjadi saat “Toquinho” melawan Tomasz Drwal di UFC 111 tahun 2010, Palhares tidak langsung melepaskan submission heel hooknya setelah dikomando wasit untuk berhenti. Alhasil, Toquinho waktu itu diberi sanksi dilarang bertarung selama tiga bulan.

Sayang sekali karena kemenangan Toquinho satu-satunya yang berakhir dengan submission. Kemenangan Palhares memperbaiki rekornya menjadi W15-L5, sedangkan Mike Pierce W17-L6.

MMAddict Indonesia

Sumber: MMAFighting.com, ufc.com, wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s