Fights of The Hour: Junior Dos Santos VS Cain Velasquez I & II – UFC on FOX 1, 12/11/2011 & UFC 155, 29/12/2012

Image

(Foto: Tracy Lee, Yahoo!Sports)

Babak pertama trilogi Dos Santos-Velasquez merupakan pertarungan UFC yang penting karena berbagai hal.

Pertemuan Dos Santos-Velasquez perdana ini merupakan pertarungan simbolis kerjasama UFC dengan Fox Network, perusahaan siaran swasta asal Amerika Serikat yang mulai siar sejak tahun 1986, dan didirikan oleh Rupert Murdoch. Sebelumnya UFC bekerjasama dengan Spike TV sejak tahun 2005 hingga tahun 2011. Kerjasama UFC dengan Fox semakin memperluas eksposur UFC di seluruh AS dan hingga penjuru dunia lain seperti Indonesia.

Selain itu, ini adalah babak pembuka trilogi antara petarung asal Meksiko Cain Velasquez dan petarung asal Brazil Junior Dos Santos tentunya. Cain baru saja memenangkan sabuk heavyweight UFC melawan Brock Lesnar yang saat itu juara bertahan sebanyak tiga kali (melawan Randy Couture, Frank Mir, dan Shane Carwin), dan Dos Santos mendapat kesempatan menantang sang juara setelah menang tujuh kali berturut-turut atas nama-nama besar seperti Fabricio Werdum, Gilbert Yvel, Stefan Struve, Mirko Cro Cop, Gabriel Gonzaga, Roy Nelson, dan Shane Carwin.

Setelah Cain menang atas Brock Lesnar, ia mengalami cedera dengkul dan harus absen bertarung selama setahun satu bulan lamanya. Dalam pertemuan pertamanya melawan Dos Santos, ia mengalami kekalahan telak TKO di waktu 1:04 ronde pertama. Dos Santos berhasil merebut sabuk heavyweight UFC dan menjadi juara baru. Dalam wawancara pasca tarung, Cain berjanji akan kembali menjadi juara.

Juara baru heavyweight UFC Junior Dos Santos mempertahankan gelarnya sebanyak satu kali dengan menang atas Frank Mir di UFC 146 tanggal 26 Mei, 2012. Sedangkan perjalanan Cain Velasquez untuk merebut kembali sabuk harus melewati petarung raksasa asal Brazil, Antonio “Bigfoot” Silva. Dengan mudah Cain menghabiskan lawannya sebelum waktu habis di ronde pertama di ajang yang bersamaan dengan Dos Santos. Pertarungan antara Cain dengan Bigfoot merupakan salah satu pertarungan paling berdarah sepanjang sejarah UFC. Dengan kemenangan Cain dan Dos Santos, pertemuan kedua tidak dapat dielakkan. Dana White menyatakan bahwa pertemuan ke-dua mereka akan terjadi di UFC 155 untuk menutup tahun 2012 pada tanggal 29 Desember, 2012.

Babak kedua antara kedua elit divisi heavyweight UFC ini jauh berbeda dengan babak pertama. Cain sejak awal ronde tidak membiarkan Dos Santos melayangkan pukulannya dan terus mencoba melancarkan takedown dan mencampurkan striking diantaranya. Sang juara terlihat kewalahan dan di tengah ronde pertama terkena pukulan telak di rahangnya, Dos Santos sempat terjatuh karena pukulan tersebut dan sejak itu pertandingan didominasi tekanan Cain hingga akhir ronde. Cain Velasquez berhasil merebut kembali sabuknya dengan hasil keputusan mutlak para juri.

Setelah menang atas Dos Santos di pertemuan ke-dua mereka, Cain sempat mempertahankan sabuk melawan penantang yang pernah kalah melawan Cain sebelumnya yaitu Antonio Silva. Sekali lagi Cain dengan cepat menghabiskan Silva sebelum ronde pertama berakhir di ajang UFC 160. Seperti karma yang berbalik, Dos Santos sendiri juga mengalami kemenangan TKO spektakuler di ronde ke-tiga melawan veteran dan mantan juara K-1 asal Selandia Baru yaitu Mark Hunt di ajang yang sama bulan Mei lalu.

Akhirnya, penutup (atau mungkin saja akan terjadi pertemuan keempat mereka) trilogi Dos Santos-Velasquez akan terjadi di UFC 166 tanggal 19 Oktober mendatang, yang diselenggarakan di Texas, AS. Apakah Cain akan berhasil mempertahankan sabuknya untuk kedua kali, atau Dos Santos merebut kembali sabuknya dan menutup trilogi terhebat divisi heavyweight UFC?

MMAddict Indonesia

Sumber: UFC.com, wikipedia.org, youtube.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s