Kesempatan Terakhir Buat Frank Mir dan Alistair Overeem Di UFC 167.

Image

(Foto: BleacherReport.com, USA Today Sports)

Para mantan juara divisi terberat MMA Frank Mir (mantan juara UFC tahun 2004 dan juara interim tahun 2008) dan Alistair Overeem (juara Strikeforce tahun 2007 dan DREAM tahun 2010) benar-benar berada di ambang pintu pemecatan sekarang ini.

Dana White, presiden UFC, mengkonfirmasi kepada media saat ditanya apakah pertarungan antara Mir-Overeem merupakan pertarungan terakhir bagi yang kalah.

Dengan singkat Dana White menjawab “Pasti.”

Bagi penggemar UFC yang sudah lama mengikuti perkembangan organisasi MMA nomor satu ini, akan sedikit aneh melihat daftar petarung divisi kelas berat UFC tanpa nama Frank Mir.

Frank Mir (W16-L8) bisa dibilang “senior” divisi heavyweight UFC karena ia sudah 12 tahun berada di UFC. Pertarungan pertamanya di UFC ia mulai ketika rekor profesionalnya baru 2 kali menang dan tanpa kalah pada tahun 2001 melawan Roberto Traven di UFC 34. Kemenangan pertamanya ia memenangkan bonus submission of the night berkat teknik armbar yang dieksekusinya dalam waktu satu menit di ronde pertama.

Selama ia berada di UFC, ia telah memenangkan sabuk heavyweight UFC sebanyak dua kali. Ia telah menang, kalah, dan menghabisi pertarungan (finish, tidak menang skor) terbanyak dibanding petarung-petarung lain di divisi heavyweight UFC.

Tetapi akhir-akhir ini nasib Mir tidak begitu baik, ia telah mengalami tiga kali kekalahan berturut-turut melawan Junior Dos Santos, Daniel Cormier, dan terakhir Josh Barnett.

Sedangkan Alistair Overeem (W36-L13-NC1), ahli kickboxing dan mantan juara K-1, DREAM, dan Strikeforce asal Belanda ini, mengalami banyak kesulitan dalam usaha merebutkan sabuk heavyweight selama karirnya di UFC. Selama 3 kali bertarung di UFC, ia baru mencetak satu kemenangan yaitu saat melawan Brock Lesnar yang sudah sakit-sakitan pada tahun 2011. Setelah itu, ia mengalami kekalahan KO yang sangat memalukan melawan petarung raksasa Antonio Silva, dan belum lama ini kalah KO lagi melawan petarung relatif baru Travis Browne.

Selain prestasinya yang tidak begitu gemilang di dalam cage, Overeem juga menuai kontroversi karena masalah penyalahgunaan obat peningkat performa yang terdeteksi oleh komisi atletik pasca kemenanganya melawan Brock Lesnar. Overeem lalu mendapat sanksi dari komisi dan dilarang bertarung selama satu tahun.

UFC 167 akan diadakan pada tanggal 16 November di Las Vegas, main card UFC 167 adalah pertarungan perebutan sabuk welterweight UFC antara juara welterweight Georges Saint-Pierre dan penantang Johny Hendricks.

MMAddict Indonesia

Sumber: Sherdog.com, wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s