UFC’s Carlos Condit Full Workout – Training Days – The NOC (Dokumentasi Persiapan Carlos Condit Lawan Georges Saint-Pierre UFC 154, 17 Nopember 2012)

Image

Sebuah dokumentasi menarik tentang latihan petarung mantan juara interim welterweight UFC Carlos “The Natural Born Killer” Condit (rekor saat itu: W28-L5, sekarang: W29-L7) dan salah satu petarung favorit saya.

Apa sih kegiatan seorang petarung MMA profesional? Dimanakah mereka bertapa untuk mendapatkan ketahanan emosi saat bertarung mereka? Dukun dari manakah yang mereka temui agar senantiasa menang bertarung? Jamu apakah yang mereka minum agar stamina tetap prima?

Tidak ada hal mistis dalam mixed martial arts. Jawabannya sederhana namun sulit dilakukan:  Latihan, latihan, dan terus latihan.

Mixed martial arts secara sistematis telah menggabungkan antara seni dan ilmu pasti atau sains dalam sebuah pertarungan. MMA sebuah olahraga yang hingga sekarang masih berevolusi dan para petarungnya kerap melakukan cross-training bahkan dengan mantan lawan sebelumnya, semua demi pengembangan potensi diri sebagai atlit MMA. Contoh terkenal ialah Alexander Gustafsson berlatih dengan mantan lawan yang mengalahkannya yaitu ahli gulat Phil Davis.

Atlit MMA wajib memiliki karakter yang terbuka dengan ilmu baru dan tidak segan sadar kesalahan dan harus mampu dengan cepat memperbaikinya. Seperti di banyak sasana MMA, bagian depan sasana sering terdapat tulisan “Shoes and egos outside”.

Carlos Condit menjalankan rutinitas latihan yang sangat keras dan berisiko tinggi cedera. Condit bertekad untuk dapat mengalahkan juara bertahan welterweight UFC George Saint-Pierre dan menjadi juara baru divisi welterweight. Condit sadar bahwa kali ini latihan yang dihadapinya akan lebih berat dari sebelumnya. Melalui dokumentasi apik hasil produksi NOC, Carlos Condit memperlihatkan latihannya  yang ia lalui secara detail untuk mempersiapkan diri berhadapan dengan lawan terberatnya sepanjang karir MMA profesional Condit, yaitu Georges “Rush” Saint-Pierre.

Sayangnya, tidak hanya Condit yang berlatih keras dan Condit akhirnya mengalami kekalahan dengan keputusan mutlak setelah lima ronde bertarung dengan sang juara. Walaupun kalah, ia sempat menjatuhkan GSP dengan tendangan yang mengenai kepala GSP tetapi dengan cepat sang juara asal Kanada pulih dan dapat mengendalikan pertarungan kembali. Georges Saint-Pierre mengaku bahwa Carlos Condit merupakan lawan terberatnya, dan pertarungannya dengan Condit merupakan pertarungan pertamanya selama lebih dari setahun pulih dari cedera yang dialaminya.  Pertarungan mereka dianggap salah satu pertarungan paling seru sepanjang sejarah divisi welterweight UFC.

Mungkin dengan dapat melihat rutinitas latihan Carlos Condit akan memberi pengetahuan serta inspirasi untuk mengikuti jejak para petarung top MMA. Enjoy!

MMAddict indonesia

Sumber: NOC, youtube.com, wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s