2 Kali Kalah Berturut-turut, Karir Overeem Terancam Berakhir Di UFC.

Image

(Foto: MMAFighting.com)

Multi juara Alistair Overeem (W36-L13-NC1) terancam dibebaskan dari organisasi MMA nomor satu di dunia, UFC. Kekalahannya pada tanggal 17 Agustus lalu semakin mengecilkan kemungkinan Overeem merebut sabuk kejuaraan heavyweight UFC. Performa Overeem pada awal ronde melawan Browne tampak kembali memperlihatkan jurus dengkul mautnya, Browne terlihat meringis kesakitan menerima serangan-serangan Overeem. Tetapi hasil latihan kamp Greg Jackson dan Mike Winkeljohn ini tetap bertahan hingga akhirnya Overeem kehabisan tenaga dan mulai membalik serangan. Setelah beberapa kali mencoba front kick ke wajah Overeem, akhirnya tendangan Browne melewati pertahanan sang juara kickboxer Belanda dan The Reem pun akhirnya roboh. Sepasang hammerfist dari Browne mengakhiri pertandingan secara mutlak, dan kemenangan knockout diperoleh Travis Browne di menit ke-empat ronde pertama.

Sebelum kalah oleh Travis Browne, Alistair juga mengalami kekalahan yang cukup memalukan di UFC 156, Februari lalu oleh Antonio “Bigfoot” Silva. Terlihat jelas Overeem meremehkan lawannya dan senantiasa menurunkan tangannya seakan tidak mempedulikan kekuatan pukulan Bigfoot. Tidak hanya selama pertandingan Overeem tidak menghormati lawannya; sebelum pertemuan mereka di octagon, Overeem rajin mencemooh Bigfoot di depan media.

Karma pun berlaku, Bigfoot tetap sabar selama dua ronde walau tampak dipermainkan oleh Overeem. Ketika ronde ke-tiga dan terakhir di mulai, Bigfoot balas menyerang. Sebuah tendangan menghajar kepala Overeem dan ia mulai kehilangan keseimbangan, dengan cepat petarung raksasa asal Brazil ini mempergunakan kesempatan dan melancarkan berulang-ulang kombinasi pukulan ke wajah mantan juara Strikeforce yang terpojokkan. Setelah Overeem roboh, dengan susah payah wasit Herb Dean memisahkan tetapi Bigfoot ingin terus menghajar lawannya yang tidak sadarkan diri. “Get up! I want to fight!” teriak Bigfoot kepada Overeem yang terlihat kebingungan.

Pertarungan akhirnya dimenangkan oleh Pezão (Bigfoot dalam bahasa Portugis) dengan hasil knockout di ronde tiga.

Karir UFC Alistair Overeem sekarang berada di posisi yang sangat buruk, rekor Overeem selama di UFC mencatat hanya satu kemenangan atas Brock Lesnar (dan mengakhiri karir MMA Lesnar), dan dua kekalahan berturut-turut dalam bentuk KO melawan dua underdog. Tambahan keterangan, Brock Lesnar saat bertarung melawan Overeem sudah lebih dari setahun absen karena penyakit usus yang dideritanya.

Overeem termasuk atlit UFC yang mendapat bayaran tinggi setiap bertarung, menang ataupun kalah. Ketika melawan Lesnar, ia dibayar $385.000, dan bayarannya saat melawan Bigfoot pun tidak bisa dibilang kecil, $285.000. Untuk upah melawan Travis Browne tidak diketahui karena UFC tidak mengeluarkan catatan penghasilan semua petarung yang ikut meramaikan UFC Fight Night 26/UFC on Fox Sports 1, namun estimasi tetap menilai penghasilan Overeem malam itu mungkin di atas $200.000.

Selain karir tarung MMA Overeem selama di UFC tidak begitu gemilang, petarung bertubuh ekstra besar ini juga pernah terkena sanksi oleh komisi atletik karena hasil tes medis Overeem membuktikan penyalahgunaan obat peningkat performa. Alhasil, Overeem tidak boleh bertarung selama hampir setahun.

Dana White memberi penjelasan tentang Overeem setelah ajang UFC Fight Night 26 usai:

“Kalian benar-benar sempat percaya ia adalah yang terbaik. Ia memiliki pengikut yang banyak, dan kami membawa seseorang seperti itu dan lihat apa yang terjadi. Kami membawa masuk yang terbaik, dan petarung yang dianggap terbaik dan kami coba buktikan mereka. Itulah pekerjaan kami.” presiden UFC berkata.

Untuk spesifik posisi karir Overeem di UFC, Dana White belum memberi kepastian. “Saya belum memikirkan hal itu.” jawabnya singkat kepada media.

MMAddict Indonesia

Sumber: BleacherReport.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s