Pratinjau UFC 164 + “Showtime” Kick

UFC-164-poster

130531135032-josh-barnett-t2-single-image-cut

Bulan Agustus akan ditutup dengan pertarungan seru penentu masa depan divisi lightweight UFC dan kembalinya veteran UFC Josh Barnett.

Inilah rematch yang ditunggu-tunggu penggemar MMA sedunia. Akhirnya pertemuan ke-dua antara juara lightweight UFC Benson “Smooth” Henderson (W19-L2) melawan Anthony “Showtime” Pettis (W16-L2) terjadi juga. Rematch antara kedua petarung lightweight ini banyak terjadi penundaan karena debut Pettis yang mengalami kekalahan melawan Clay Guida secara unanimous decision dan cedera yang diderita “Showtime”. Kali ini pun rematch Henderson-Pettis bisa dikatakan tidak disengaja karena sebelumnya Henderson semestinya bertemu dengan petarung TJ Grant namun Grant mundur karena cedera.

Sebelumnya, Henderson bertemu dengan Pettis di ajang WEC pada bulan Desember 2010 dalam pertarungan mempertahankan sabuk lightweight WEC yang saat itu dipegang Henderson. Pertikaian antara Henderson dengan Pettis merupakan pertarungan terakhir organisasi WEC sebelum akhirnya WEC dibubarkan UFC, dan para petarungnya bergabung dengan UFC untuk membuka divisi kelas ringan di mega organisasi MMA tersebut.

Pertemuan kedua petarung ini berakhir dengan kemenangan Pettis atas Henderson dengan unggul skor, dan tentunya tendangan Pettis yang terkenal dengan berlarinya Pettis memantul ke cage dan menghajar wajah Henderson yang menjadi tendangan sangat terkenal di kalangan penggemar MMA. Anthony Pettis merupakan satu-satunya petarung yang mampu mengalahkan Benson Henderson selama “Smooth” merajai kancah WEC dan UFC.

Selain main event Henderson-Pettis II, UFC 164 akan menyuguhkan kembalinya Josh Barnett (W32-L6) di ajang UFC. “Warmaster”, julukan baru Barnett, hengkang dari UFC sejak tahun 2002 setelah memenangkan sabuk heavyweight UFC dari Randy Couture namun batal menjadi juara karena ketahuan menggunakan steroid melalui tes pasca-tarung oleh komisi atletik. Semenjak insiden itu, Barnett hijrah ke Jepang dan lama bertarung di organisasi PRIDE hingga tahun 2006. Barnett terus mencari nafkah di Jepang hingga tahun 2008 dan kembali ke tanah airnya (Amerika Serikat) untuk bertarung di organisasi Affliction dan akhirnya rutin bertarung di Strikeforce hingga SF bubar. Pertarungan terakhir Barnett di Strikeforce (yang juga merupakan ajang terakhir Strikeforce) bulan Januari lalu melawan Nandor Guelmino (W11-L4-D1) yang ia menangkan via submission dengan teknik arm triangle choke di ronde pertama.

Kembalinya Barnett di UFC akan semakin meramaikan divisi heavyweight UFC yang saat ini bisa dianggap sebagai periode divisi heavyweight yang paling kompetitif. Warmaster akan disambut oleh Frank Mir (W16-L7), satu lagi veteran UFC dan juga mantan juara heavyweight UFC. Frank Mir terakhir berlaga melawan Daniel Cormier April lalu dan kalah skor mutlak. Sebelumnya ia juga kurang beruntung saat bertemu dengan Dos Santos bulan Mei tahun lalu dan mengalami kekalahan KO. Kemenangan melawan Josh Barnett akan mengangkat peringkat Frank Mir di divisi heavyweight UFC dan mungkin sekali lagi memberi peluang untuk Mir merebut sabuk kejuaraan divisi heavyweight.

UFC 164 akan berlangsung tanggal 31 Agustus di Wisconsin, Amerika Serikat.

MMAddict Indonesia

Sumber: UFC, wikipedia.org, youtube.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s