Phil “Mr. Wonderful” Davis Berniat Untuk Hentikan Mitos Lyoto Machida Di UFC 163.

Phil Davis saat weigh-in.

Petarung yang dijuluki “Mr Wonderful” ini akan berhadapan dengan Karateka Lyoto Machida di UFC 163, 3 Agustus mendatang. Phil Davis mungkin kurang dikenal penggemar MMA di Indonesia, tetapi jangan meragukan kemampuannya sebagai MMA fighter profesional. Rekornya saat ini cukup mengagumkan: 11 kemenangan dan hanya 1 kekalahan.

Phil Davis awalnya mendalami gulat saat masih duduk di bangku sekolah tingkat menengah pertama, sejak itu prestasi gulatnya terus meningkat dan ia menjadi kapten tim gulat hingga berada di tingkat akhir sekolahnya dan mengumpulkan rekor gulat 116 kali menang 15 kali kalah.  Davis lalu bergabung dengan tim LionHeart MMA dan sempat berlatih dengan atlit-atlit MMA terkenal seperti Dominick Cruz, Jon Jones, dan Cain Velasquez. Setelah tim LionHeart MMA bubar, Davis bergabung dengan Alliance MMA dan terus berlatih.

Karir MMA profesional Davis dimulai pada tahun 2008. Ia bertarung di ajang-ajang lokal dan mengumpulkan 4 kali kemenangan tanpa kalah dan akhirnya masuk di liga MMA terbesar, UFC pada tahun 2010. Mr. Wonderful langsung mendapatkan lawan yang tangguh untuk pertarungan perdana UFCnya, Brian Stann. Davis mampu mengungguli Stann selama 3 ronde menggunakan kemampuan gulat dan Jujitsu yang ia miliki dan menang skor mutlak. Pertarungan kedua Davis melawan petarung asal Swedia Alexander Gustafsson di UFC 112, lagi-lagi Davis menang dengan submission teknik Anaconda choke 5 detik sebelum ronde pertama habis. Gustafsson setelah mengalami kekalahan melawan Davis meminta untuk berlatih dengannya, Davis pun setuju untuk melatih bekas lawannya. Mr. Wonderful adalah satu-satunya petarung yang pernah mengalahkan Alexander Gustafsson hinga sekarang. Davis akhirnya kalah melawan Rashad Evans yang juga berbasis gulat di UFC On Fox: Evans VS Davis tahun lalu dengan kekalahan skor.

Dua kemenangan terakhir Davis disebut-sebut sebagai prestasi terbaik Davis hingga saat ini. Salah satunya membuat Davis menjadi satu-satunya petarung AS yang pernah mengalahkan seorang petarung Brazil dengan submission saat UFC diadakan di Brazil. Davis mengalahkan Wagner Prado asal Brazil di UFC 153 dengan teknik Anaconda choke di ronde 2. Kemenangan berikutnya saat Davis bertemu Vinny Magalhaes yang juga asal Brazil namun kali ini Davis menang unggul skor.

Lawan berikutnya Davis bisa jadi lawan terberat sepanjang karir MMAnya, mantan juara Lyoto Machida. Mr. Wonderful tidak enggan menyatakan kekagumannya terhadap gaya bertarung Lyoto yang sangat unik menurutnya, tapi ia yakin bisa mengalahkan Machida.

“Strategi yang terbaik untuk situasi seperti ini [melawan Machida] adalah: keep it simple. Konsentrasi pada teknik yang saya dalami saja.” ujar Phil. Ia juga sadar pentingnya untuk bisa mengikuti pergerakan Machida yang sangat gesit.

Mr. Wonderful merasa percaya diri akan kemampuan striking miliknya. “Saya sendiri yang mengetahui berapa banyak waktu yang saya pergunakan untuk melatih kemampuan striking saya.”

Ia tidak merasa adanya tekanan karena bertarung melawan Machida di Brazil nanti. “Justru lebih berat bila bertarung di kandang sendiri.” menurut Davis. “Yang penting harus tetap siap, dan sabar [saat menghadap Machida]”

Pemenang Machida VS Davis akan memperkuat posisi pemenang untuk bisa menantang juara kelas light heavyweight UFC.

MMAddict Indonesia

Sumber: UFC.com, wikipedia.org, youtube.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s