Georges Saint-Pierre: “One Day, One Guy Will Beat Me” + Fight Of The Hour: GSP VS Matt Hughes II

Image

Sang juara bertahan 8 kali divisi welterweight UFC Georges Saint-Pierre (W24-L2), ketika menghadiri promo UFC 167, mengutarakan pendapatnya tentang bagaimana perasaannya sebagai juara. Ia merasa bisa mengerti apa yang pernah dikatakan oleh mantan juara middleweight Anderson Silva tentang beratnya beban yang dipikul seorang juara, apalagi juara yang bertahan cukup lama.

“Sepertinya bila anda menjadi juara dalam waktu yang lama, adalah para fans, masyarakat yang menginginkan sesuatu yang berbeda. Mereka menginginkan senantiasa adanya perubahan. Semakin banyak pertarungan yang dilewati, semakin besar tekanannya. Tekanan itu dapat membesar dan terus membesar hingga suatu saat meledak. Hal ini sangat berat secara mental, dan saya pun terkadang merasakannya. Berat karena hidup saya berubah. Anda harus senatiasa mencari cara untuk terus melakukan secara “fun”, dan walaupun ada kritik di sana-sini, anda tetap merasa senang melakukan profesi ini.”

GSP merasa sangat bersyukur untuk bisa mencapai tingkatan tertinggi untuk karirnya; ia merasa hidupnya sangatlah berkecukupan, dan masyarakat Kanada menganggap dirinya sebagai pahlawan nasional yang mengharumkan nama bangsanya melalui prestasi olahraga. Namun hal yang paling ia sesali adalah hilangnya privasi dalam hidupnya. Ia bercerita tentang bagaimana seorang penggemarnya saat berada di bandara udara Toronto memanggil-manggilnya ketika GSP sedang berada di WC umum.

“Sejujurnya, saya bertarung bukan untuk mencari pamor. I’m fighting because I like to do what I do. Saya bertarung karena saya menyukai bertarung.”

Namun GSP sadar bahwa profesinya tentu menarik penggemar dan ia selalu berusaha untuk menghargai fans dari manapun. “Saya berhutang pada mereka, mereka lah yang menghidupi saya.”

Tetapi semua ini tidak akan bertahan selamanya, ia menyadari. 

“I don’t believe I will still be as famous [in the future] as I am now, because I’m the champion and have the spotlight. One day I will retire. I will go away and after maybe three years people will start to forget a little bit. Some people will still recognize me. It won’t be as much.”

“Saya tidak percaya bahwa saya akan tetap terkenal di masa mendatang, karena saya sekarang masih juara dan senantiasa menjadi sorotan. Suatu hari saya akan pensiun. Saya akan pergi dan mungkin tiga tahun kemudian masyarakat akan sudah sedikit lupa, walaupun mungkin beberapa masih ingat saya. Tapi tidak akan seperti dulu lagi.”

MMAddict Indonesia

Sumber: MMAFighting.com, wikipedia.org, youtube.com

Leave a Reply

