Bellator MMA Bersaing Dengan UFC Dengan Program Fight Master.

Image

Bisa dibilang saingan utama UFC sekarang adalah Bellator MMA, ajang asal Amerika Serikat. Organisasi MMA ini dibuat pada tahun 2008 oleh Bjorn Rebney dan bermarkas di Kalifornia, AS. Dahulunya Bellator MMA bernama Bellator Fighting Championship, namun untuk menghindari persamaan yang berlebihan dengan pesaing utamanya yaitu UFC akhirnya dirubah dengan MMA pada bagian akhir. Bellator lebih fokus pada format turnamen yang dulu rutin diadakan oleh PRIDE, organisasi MMA asal Jepang yang sempat jaya pada pertengahan dasawarsa awal abad ke-21.

Selama ini hanya UFC yang memiliki program rutin MMA dengan format reality show bernama The Ultimate Fighter, yang bertujuan untuk mencari talenta baru untuk UFC. Para peserta akan dilatih oleh petarung-petarung ternama UFC dan pemenangnya akan dihadiahkan kontrak dengan UFC. TUF mendatang untuk pertama kalinya akan berisi peserta perempuan dan juga dilatih untuk pertama kalinya oleh juara bertahan divisi perempuan UFC Ronda Rousey dan musuh bebuyutannya Miesha Tate.

Dengan bantuan kemampuan produksi saluran kabel AS yaitu Spike TV, Bellator juga memulai program beformat reality show yang berjudul Fight Master. Tetapi ada perbedaan besar dibanding TUF yaitu para pesertalah yang memilih siapa pelatihnya untuk mempersiapkan diri mereka dalam mengikuti turnamen. Para pelatih yang termasuk di Fight Master adalah Randy Couture (Veteran UFC yang pernah menjuarai dua divisi), Frank Shamrock (juara pertama divisi middleweight UFC), Greg Jackson (pelatih ternama yang menghasilkan juara-juara UFC seperti Georges Saint-Pierre dan Jon Jones), dan Joe Warren (mantan juara Bellator divisi featherweight). Fight Master berisi 32 peserta dan akan saling bertarung untuk mendapatkan kesempatan ikut dalam turnamen divisi welterweight Bellator MMA.

Fight Master hingga sekarang sudah mencapai lima episode dan mendapatkan tanggapan positif dari rating (banyaknya yang menonton) dan ulasan para pengamat MMA. Keberadaan Randy Couture cukup membuat Dana White (presiden UFC) kecewa dan mampu meningkatkan pamor dan kredibilitas acara ini.

Untuk para penggemar MMA di Indonesia, Fight Master dapat ditonton secara resmi di saluran TV kabel Kix tidak lama lagi.

MMAddict Indonesia

Sumber: wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s