Dana White: “Nick Diaz Pensiun”

Image

Jurnalis MMA Ariel Helwani menanyakan Dana White setelah ajang UFC On Fox 8: “Apakah ada usaha untuk menarik Nick Diaz kembali ke UFC?”

Dana White memberi jawaban yang pasti membuat para penggemar Nick Diaz kecewa.

“Nick Diaz pensiun, as far as I know it.”

Topik Nick Diaz muncul oleh pembicaraan tentang divisi welterweight, Ariel Helwani dari MMAFighting.com berkata bahwa hampir setiap kali ada kemenangan besar di divisi welterweight seperti contohnya kemenangan Robbie Lawler dan Rory MacDonald, orang langsung menyebut Nick [Diaz]. Orang ingin melihat Robbie Lawler VS Nick Diaz II, atau Rory MacDonald bertemu dengan Nick Diaz.

Dana White mengaku sempat berbicara dengan Nick Diaz belum lama, dan ia yakin anggota Gracie Jujitsu ini tidak berniat kembali. Namun ada sedikit kemungkinan Nick bisa saja berubah pikiran, “I don’t know, Nick is a hard read.” Nick susah ditebak.

Nick Diaz (W26-L9-NC1) adalah pemain lama di dunia MMA profesional, ia juga memiliki satu rekor kemenangan tinju profesional. Selain mahir di bidang striking, Diaz dikenal sebagai praktisi Jujitsu yang hebat. Ia berlatih bersama Cesar Gracie dan merupakan anggota sasana Gracie Jujitsu bersama Jake Shields, Gilbert Melendez, serta Nate Diaz, adik Nick yang juga bertarung di UFC.

Nick terkenal tidak hanya karena ia petarung yang hebat, tetapi karena perilakunya di luar cage. Ia seringkali bertikai dengan lawannya sebelum atau sesudah pertandingan, Nick juga dua kali dikenakan sanksi oleh komisi atletik karena penggunaan ganja. Sanksi ini merubah kemenangan spektakuler Nick melawan Takanori Gomi di ajang pertama PRIDE di Las Vegas, Amerika Serikat pada tahun 2007 dari win menjadi no-contest. Sanksi kedua dikenakan setelah Nick bertarung melawan Carlos Condit di UFC 143, di tubuh Nick ditemukan zat aktif ganja yang melebihi batas normal saat tes medis pasca tarung. Sanksi kedua ini lebih berat dan melarang Nick bertarung secara profesional dalam kurun waktu setahun.

Namun, bukan hanya karakter anti-hero Nick Diaz yang mampu menarik banyak penggemar MMA. Diaz memiliki gaya bertarung yang seru, ia tidak enggan berbagi pukulan dan aktif dalam permainan Jujitsunya. Ia merupakan petarung kedua yang berhasil menyelesaikan lawannya dengan jurus Gogoplata, yang pertamanya dilakukan oleh Shinya Aoki ketika melawan Joachim Hansen kurang dari dua bulan sebelumnya. Dan pastinya, ejekan Diaz yang senantiasa mencoba menurunkan mental lawan saat bertanding. Banyak yang kurang setuju dengan perilaku Nick yang satu ini, karena banyak menganggap MMA adalah olahraga yang sarat dengan jiwa saling menghormati dan disiplin tinggi.

Diaz mengakhiri karir MMAnya dengan dua kekalahan berturut-turut, yang pertama ketika berhadapan dengan Carlos Condit, dan yang kedua saat bertarung melawan juara bertahan kelas welter Georges “Rush” Saint-Pierre. Kedua kekalahan Diaz dalam bentuk unanimous decision.

Pasca karir MMA, Nick Diaz membuat promosi MMA sendiri bernama WAR MMA. Event pertamanya diadakan di Stockton, California pada tanggal 22 Juni lalu.

MMAddict Indonesia

Sumber: MMAFighting.com, wikipedia.org, youtube.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s