Kilas Balik MMA: “Fighting Fedor” – Reality Show M-1 Global Yang Tidak Pernah Terjadi.

Image

(Foto: Susumug.com)

Mengingat kembali tengah tahun 2008, Fedor Emelianenko petarung legendaris asal Rusia sedang sibuk mempromosikan dirinya di negeri paman Sam.

Bulan Juli 2008, Fedor sukses mengawali perjalanan karir MMAnya di Amerika Serikat dengan menang submission teknik rear naked choke atas mantan juara heavyweight UFC Tim Sylvia di ajang Affliction: Banned (organisasi MMA hasil kerjasama pemilik pakaian merk Affliction Clothings bernama Tom Atencio dengan Donald Trump, Affliction Entertainment bubar pada bulan Agustus 2009 karena Josh Barnett dites positif bahan penambah performa ketika akan melawan Fedor).

Setelah PRIDE dibeli UFC tahun 2007, sang Last Emperor diduga akan ikut hijrah ke UFC mengikuti langkah Mirko Crocop, Antonio Nogueira, Wanderlei Silva, dan masih banyak lagi petarung alumni PRIDE yang pindah.

Ternyata sang juara terakhir divisi heavyweight PRIDE batal bergabung dengan UFC dengan berbagai alasan seperti UFC tidak perbolehkan ikut bertanding olahraga nasional Fedor yaitu Sambo di tanah airnya sendiri, bahkan sampai berkata bahwa “UFC tidak memperlakukan para petarung seperti manusia”. Dana White, presiden UFC, membalas tudingan dengan menuduh manajer Fedor yang bernama Vadim Finklechtein memberi tawaran yang mustahil akan ia turuti seperti ikut mempromosikan organisasi M-1 Global milik Vadim dan Fedor bersama di tiap ajang UFC yang ada Fedor bertarung, bahkan Dana White juga berkata bahwa salah satu butir kontrak Fedor adalah membantu membuat stadium MMA di Rusia. Luar biasa!

Gagalnya Fedor bergabung di UFC menjadi salah satu isu yang selalu menuai pro dan kontra pada pihak Fedor sendiri maupun UFC.  Akhirnya Fedor bertarung di organisasi-organisasi peringkat dua selama bertarung di AS seperti Affliction, dan Strikeforce.

Selama 2008, layaknya mesin propaganda komunis uni Soviet, M-1 Global tekun memproduksi promo demi promo untuk mengangkat citra dan pamor Fedor Emelianenko yang saat itu belum terkalahkan selama 8 tahun. Salah satunya adalah reality show berjudul “Fighting Fedor”, jiplakan The Ultimate Fighter yang menjanjikan petarung terbaik antara 16 peserta mendapat kesempatan untuk melawan Fedor Emelianenko di Rusia.  Program ini tidak pernah rampung dan hanya menyisakan trailer yang mengingatkan kita semua pada zaman ketika Fedor tidak terkalahkan dan turut menambah kesan mistis karakter The Last Emperor.

MMAddict Indonesia

Sumber: BleacherReport.com, wikipedia.org, youtube.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s